/*  vertikal vertikal merah di mulai ---------------------------------------- */ /*Credits: CSS Library */ /*URL: http://css-lybrary.blogspot.com */ #vertikal-merah{

Jumat, 09 November 2012

Cara Membuat Denah Pondasi Rumah

Di sini saya akan menjelaskan secara singkat saja untuk rekan saya Ampol, karena keterbatasan tempat postingan.
Pertama kita buat terlebih dahulu denah sesuai yang akan dibuat (master plan). Kita bisa menggunakan garis atau polyline sesuai sketsa yang ada, untuk ukurannya bisa dipakai skala jika menggunakan satuan mm dan jika menggunakan satuan cm kita bisa menggunakan skala 1:1.
Disamping telah saya sediakan gbr awal denah sederhana dari sebuah rumah.
Click Image for Resize
Garis putih artinya gbr pondasi denah yang dibuat terlebih dahulu yang disesuaikan dengan master plan/sketsa yang di rencanakan (single line), kemudian untuk garis hijau (samping garis putih) adalah gambar tembok/dinding. Untuk pembuatan dinding ini bisa menggunakan perintah OFFSET, dimana jika tebal tembok aktual misalnya 20 cm maka untuk offset ini nilainya 10 cm karena garis hijau mengapit garis center (putih) tadi, 2 x 10 = 20 cm.
Tahap selanjutnya pembuatan kusen, letak pintu dan jendela. Untuk pembuatan pintu atau jendela sebaiknya dengan mempergunakan BLOCK, alasannya selain menghemat waktu proses menggambar juga bentuknya yg sama/typical tinggal kita ubah saja orientasi rotasinya saja sesuai posisi letak yang direncanakan.
Click Image for Resize
Tahap selanjutnya dari pembuatan denah pondasi yaitu kita bisa melengkapinya dengan dimensi ukuran, keterangan ruangan, juga arsiran yang ikut mendeskripsikan suatu bangunan. Perlu ditekankan di sini yaitu sebaiknya pemisahan bagian objek diletakkan pada layer yang berbeda-beda sesuai nama objeknya.

Selamat mencoba!
Click di sini untuk mendownload File Denah Rumah DWG.

4 komentar:

  1. Terima kasih telah sharing pengalaman,, ini sangat membantu saya untuk memperlajari AutoCAD lebih mendalam..

    AutoCAD Tutorial

    BalasHapus
  2. Sangat Membantu sekali,,,khusunya bgi sya yg kurang bgtu mngerti mnggambar pke AutoCad
    hmm,,,

    BalasHapus
  3. Sebagai masukan, Membuat denah dengan cara tersebut akan lebih berat. Ada cara yg lebih ringan dan lebih cepat yaitu dengan MLINE atau juga dengan Dynamic Block.

    BalasHapus